SKETCH
Sketch
memiliki peranan penting karena merupakan cikal bakal dalam membuat gambar 3D
Model atau Part. Sketch hanya terdiri dari gambar geometri. Sketch dibuat
sesederhana mungkin karena akan mempermudah proses desain. Untuk finishing
detail, gunakan seperti Fillet, Chamfers, & Face Draft pada 3D model atau
part. Untuk membuat gambar solid, pastikan sketch dalam keadaan tertutup atau
tersambung dengan menggunakan Coincident Constraint atau Trim, Extend Curve.
Setelah Sketch selesai, terlebih dahulu lakukan Constraint sebelum dimension.
Apabila langkah membuka Autodesk Inventor 2012 telah selesai
dilakukan,maka kita bisa langsung melakukan Sketch yang kita inginkan sesuai
tampilan berikut ini.
Selanjutnya
pada bidang kerja kita bisa langsung membuat Sketch seperti Line, Circle, Arc,
dan lain-lain. Untuk Sketch Default, sketch terdapat pada bidang XY Plane. Kita
dapat membuat sketch di Work Plane dan Planar Face (permukaan datar). Setelah
selesai Sketch kiklah tombol Finish Sketch. Sketch di Autodesk Inventor 2012
dibagi 2 jenis, yaitu 2D sketch dan 3D sketch.
2D Sketch
2D Sketch
pada Autodesk Inventor 2012 hampir mirip saat kita menggambar 2D pada Autodesk
Autocad. Oleh karena itu, seseorang yang telah menguasai Autodesk Autocad tidak
akan kesulitan dalam mempelajarinya. Berikut alat-alat Draw pada Sketch 2D.
Line berfungsi membuat garis
lurus, sedangkan Spline untuk membuat garis kurva dengan titik Point tertentu.
Selain Spline terdapat pula Bridge Curve.
Fungsinya untuk membuat
lingkaran. Di sini terdapat 3 cara dalam membuat lingkaran, yaitu Center Point
Circle, Tangent Circle, dan Ellipse
Fungsinya
untuk membuat garis busur. Di sini terdapat tiga cara dalam membuat Arc, yaitu:
Three Point Arc, Tangent Arc, dan Center Point Arc.
Fungsinya untuk membuat kotak persegi panjang atau bujur sangkar Di
sini terdapat 2 cara dalam membuat Rectangle, yaitu: Two Point Rectangle dan
Three Point rectangle.
Fillet berfungsi untuk membuat pertemuan antara 2 garis (line) atau
busur (arc) menjadi cembung atau cekung. Kemudian, Chamfer berfungsi untuk
membuat pertemuan antara 2 garis menjadi miring dengan spesifikasi tertentu.
Fungsinya untuk membuat titik lubang dan untuk sekedar membuat Point
referensi pada Sketch.
Fungsinya untuk membuat bangun segi N beraturan
Fungsinya untuk membuat Sketch berupa tulisan
Project Geometry dapat pula disebut objek bantuan atau sebagai
referensi dalam membuat sketch. Referensi bisa berupa Edges atau Face.
Selain alat-alat Draw terdapat pula alat untuk membuat Patern tertentu
dan memodifikasi Draw sebagai berikut.
Fungsinya untuk membuat duplikat objek dengan referensi garis cermin.
Hasil objek Mirror simetris terhadap objek aslinya.
Fungsinya untuk membuat duplikat objek dengan pola lurus. Dengan
Rectangular Patern kita akan lebih menghemat waktu tanpa membuat objek satu
persatu
Fungsinya untuk membuat duplikat objek dengan pola melingkar. Circular
Patern biasanya digunakan untuk membuat lubang baut.
Fungsinya untuk membuat duplikat objek dengan hasil lebih besar atau
lebih kecil dari objek asli dengan jarak sama pada semua sisi.
Fungsinya untuk menutup dan menyambung Line, Arc, Spline, pada sketch
yang terbuka.
Fungsinya untuk memotong Line, Arc, dan Spline pada objek yang saling
berpotongan.
Fungsinya untuk membagi Line, Arc, dan Spline menjadi 2 bagian dengan
bantuan objek potong.
Fungsinya untuk
memindahkan objek ke posisi yang diinginkan.
Fungsinya untuk menduplikat objek.
Fungsinya untuk membuat skala objek lebih besar atau lebih kecil.
Fungsinya untuk memutar objek ke posisi yang diinginkan.
Fungsinya untuk menarik bentuk objek ke posisi yang diinginkan.
Untuk mendapatkan hasil
sketch yang valid maka perlu dilakukan pengecekan menggunakan Dimension dan
Costraint.
Perpendicular
Fungsinya untuk membuat 2 garis menjadi saling tegak lurus.
Fungsinya untuk membuat 2 garis menjadi sejajar.
Fungsinya untuk membuat 2 point bersinggungan.
Fungsinya untuk membuat 2 lingkaran atau Arc menjadi 1 titik pusat.
Fungsinya untuk membuat 2 garis menjadi saling berhimpit.
Fungsinya untuk menyamakan ukuran objek.
Fungsinya untuk membuat garis menjadi horizontal atau sejajar dengan
sumbu X.
Fungsinya untuk membuat garis menjadi vertikal atau sejajar dengan
sumbu Y.
Fungsinya untuk membuat objek dalam Sketch akan ter-constraint secara
otomatis terhadap Coordinate System.
Fungsinya untuk menampilkan Constraint pada geometri yang kita pilih.
Fungsinya
untuk membuat ukuran pada Sketch. Ukuran akan mengendalikan dan mempermudah
dalam mengubah bentuk Sketch.
Fungsinya untuk membuat garis ukur secara otomatis. Dengan Tutorial Sketch (Constrain) berikut ini:
sangat membantu
BalasHapusterima kasih
kunjungi website saya https://ppns.ac.id/
Makasih
BalasHapusAutodesk inventor memang lebih banyak peminatnya karena memiliki keunggulan lebih di fitur dan menu nya nya. Tak heran apabila banyak yang menawarkan pelatihan di bidang ini. salam dari kami https://www.agengambar.com
BalasHapus